Curug Grenjengan

Belum lama ini di dunia maya, lebih tepatnya di sosial media sedang ramai tentang adanya curug yang cukup indah (bahasa jawanya beautiful) di lingkungan dusun ngebleng. Padahal curug atau air terjun tersebut sebenarnya sejak dulu kala sudah ada. Air terjun tersebut mulai viral setelah beberapa penduduk dusun membagi foto di salah satu akun Facebooknya.

Setelah ramai menjadi viral di sosial media, maka seperti yang terjadi di Indonesia pada umumnya, yaitu ada beberapa pihak yang mengklaim bahwa tempat tersebut masuk wilayahnya (untung gak diaku Malaysia), padahal sebelumnya jangankan mengakui, datang ke tempat tersebut saja malas, apalagi mau merawatnya.


Tidak beberapa lama kemudian salah seorang penduduk yang masih satu kelurahan membuat klarifikasi bahwa tempat tersebut masih dalam wilayah Dusun Ngebleng - Desa Lembu - Kecamatan Bancak.

Tentang Curug Grenjengan

Grejengan atau orang dusun menyebutnya Nggrenjengan, itulah nama tempat tersebut, nama tersebut sudah ada sejak jaman dulu, dan hingga saat ini penulis belum tahu asal mulanya hingga diberi nama seperti itu. Curug atau Air Terjun ini sebenarnya merupakan bagian dari sungai yang ada di sekitar lahan pertanian, tepatnya di daerah sungai Sabrangan atau area Klisengan di bawah salah satu sawah milik warga.


Rute ke Curug Grenjengan

Saat ini akses untuk mencapai Curug Grenjengan adalah dengan jalan kaki sekitar 1 KM melalui jalan yang masih becek ala pedalaman Kalimantan.

Namun jika sedang musim kemarau tidak perlu jalan kaki sejauh 1 KM, karena Anda bisa menggunakan motor sampai ke dekat wilayah curug grenjengan, biasanya sampai di kali jambu.

Berikut ini catatan singkat Rute yang menuju Curug Grenjengan
Penulis asumsikan bahwa Anda sudah sampai di dusun ngbelang, rute ke dusun ngebleng silakan baca tulisan lain dengan judul Rute ke Dusun Ngebleng. 

Rute ke Curug Grenjengan dari dusun Ngebleng dimulai dari pertigaan sebelah barat dusun atau warga setempat menyebutnya dengan Ngipek, dari ngipek ikuti jalan yang ada ke arah Barat, nanti akan menemukan pertigaan Ngumbut, terus saja ke arah barat, karena jika belok ke arah selatan akan sampai ke Sendang Soka, sebenarnya jika Anda nyasar sampai sendang Soka juga tidak masalah, karena tetap bisa sampai ke curug grenjengan dengan menyusuri sungai di depannya.

Dari Ngumbut terus lurus ke arah barat, nanti akan menemukan sungai bernama Sabrangan, di bagian bawah (hilir) itulah Curug Grenjengan berada, atau tepatnya masih di wilayah sungai sabrangan.
Terdapat dua jalan untuk mencapai curug grenjengan, satunya melalui jalan di sebelah kanan sungai, sedangkan cara lainya dengan menyebrangi sungai sabrangan terlebih dulu kemudian mengikuti jalan setapak pada area yang dipenuhi rumput alang-alang.

Demikian panduan sederhana Rute yang ditempuh untuk menuju curug sabrangan.
Happy Adventure!.


Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Curug Grenjengan"

  1. LUMAYANLAH BUAT WISATA ALAM TERDEKAT DI SEKITAR KEC.BANCAK .

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus